Thursday, September 26, 2019

SENSOR CAHAYA

Jenis Jenis Sensor Cahaya

Ada Beberapa jenis sensor cahaya yang beredar pada umumnya dan sering di gunakan, di antara nya adalah sebagai berikut:
  • LDR,Light Dependent Resistor, nilai tahanan resistor yang di pengaruhi oleh cahaya
  • Photodioda,Sebuah Komponen semikonduktor yang merubah cahaya menjadi arus listrik atau diode yang di pengaruhi oleh cahaya.
  • Phototransistor,adalah transistor yang di pengaruhi oleh cahaya, yang mana kaki basis di trigger oleh cahaya
Semua Jenis sensor di atas memiliki karateristik masing masing, tergantung penggunaan, contoh, LDR. LDR biasanya digunakan untuk sensor cahaya yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan respon, jadi hanya di gunakan deteksi cahaya, apakah cahaya redup dan berapa intensitas nya.
Sementara Photodioda dan phototransistor memiliki respon yang cepat untuk deteksi cahaya infrared. Biasa di gunakan untuk mengukur kecepatan putaran motor, tachometer, menghitung barang, sensor line flower dan bisa juga menghitung tetes infus.

Beberapa Macam Rangkaian Sensor Cahaya LDR

Rangkaian LDR untuk LED

Rangkaian sensor cahaya untuk indicator led, disini menggunakan LDR, untuk mengatur sensitivitas dari LDR maka di gunakan potensiometer, jadi kita bisa kalibrasi, pada tingkat seperti apa cahaya yang mengenai LDR agar LED menyala. sekamitik nya seperti di bawah ini.
rangkaian sensor cahaya led kontrol
rangkaian sensor cahaya led kontrol
Rangkaian di atas juga bisa di aplikasi di atas sebagai input dari sebuat Arduino atau mikrokontroller lain, agar data nya bisa di olah dan di program, untuk pembahasan ini akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Rangkaian LDR untuk Relay Lampu Otomatis

Rangkaian sensor cahaya LDR dengan Relay bisa digunakan untukLampu Taman, Pada sistem ini akan di proteksi oleh optocoupler, kemudian di drive oleh relay. Coba Perhatikan gambari di bawah ini:
rangkaian sensor cahaya Lampu Taman
rangkaian sensor cahaya Lampu Taman
Potensiometer pada skematik ini juga berguna untuk mengatur sensitivas LDR, pada tingkat cahaya berapa Relay nya akan padam. Lampu di hubungkan ke soket Lampu, kemudian sumber AC 220VAC di hubungkan ke arus PLN 220VAC, ketika relay tertutup, maka Lampu AC akan menyala.
Rangkaian di atas bisa terbilang sangat murah, hanya beberapa jenis komponen yang murah, kita
 sudah bisa membuat sebuah kontaktor otomatis menggunakan sensor cahaya.

No comments:

Post a Comment

HIPERTENSI

Pengertian Hipertensi    Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebi...